Aplikasi Penghitung Rumus Diskon Otomatis Excel

Posted on

Aplikasi Penghitung Rumus Diskon Otomatis Excel– siapa sih yang gak tergiur dengan diskon. Siapapun Anda seorang wanita atau pria, Anda harus masuk dan melihat. Jangan heran jika wanita tergoda dengan kata tersebut. Terkadang saya lupa ketika menemukan total diskon ini.

Apa arti sebenarnya dari kata diskon? Di satu sisi, wanita sangat menyukainya. Jika kita pergi ke mall atau supermarket terkadang kita melihat kata “diskon” dan sekarang kadang diganti dengan kata “sale”.

Pasti target untuk berhenti dan melihat. Apalagi di masa pandemi seperti ini, semuanya serba ribet dan orang juga mencari perlengkapan untuk Idul Fitri, baik itu pakaian, kue, perlengkapan sholat dan lainnya.

Lalu bagaimana cara menghitung diskonnya? Perhitungan mesin mall salah ya? Menghitung diskon juga menjadi masalah ketika produk terlalu banyak.

Jika Anda harus mengambil kalkulator dan menghitung satu per satu, lupakan saja. betul sekali? Oleh karena itu, di excelkenya.com akan dibahas sebuah aplikasi yang menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung rumus diskon otomatis.

Pengertian Diskon

Aplikasi Penghitung Rumus Diskon Otomatis Excel

Diskon merupakan potongan harga. Dengan begitu total nilai awal akan dikurangi dari diskon tersebut sehingga nilai yang akan kita keluarkan di akhir menjadi lebih sedikit dibandingkan nilai awal.

Tim marketing akan menarik para customer untuk membeli produk yang dijual dengan menuliskan kata diskon. Karena itu merupakan hal yang ditunggu-tunggu.

Customer berharap dengan uang yang Ia punya mendapat harga yang lebih murah dibandingkan harga normalnya. Tentunya hal itu juga sebagai cara untuk menghemat pengeluaran terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga :  Aplikasi Buku Catatan Tabungan Otomatis Format Excel

Terkadang kita terkecoh dengan kata diskon. Padahal ada juga beberapa yang menaikkan harga terlebih dahulu kemudian diberikan diskon untuk menarik pelanggan. Memang di diskon tetapi tidak sebanyak yang kita kira. Meski begitu, itu merupakan hal yang normal karena hal itu merupakan strategi dari berjualan.

Sesuai namanya cara menghitung yaitu mengurangi harga awal dengan diskonnya. Kemudian cara menghitung diskon sendiri dapat Anda lihat pada artikel Cara Menulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel untuk lebih jelasnya. Karena artikel tersebut juga merupakan cara untuk mencari diskon.

Aplikasi Penghitung Rumus Diskon

Dengan bantuan microsoft excel, kita dapat menghitung berapa harga yang harus kita bayar setelah dipotong diskon. Aplikasi ini dibuat untuk membantu Anda dalam menghitung diskon dari belanjaan Anda. Yang menjadi acuan dari aplikasi ini adalah rumus diskon itu sendiri.

Rumus yang dapat Anda gunakan yaitu:

=harga awal (harga awal * diskon)

Aplikasi ini akan secara otomatis keluar hasilnya jadi Anda tidak perlu susah-susah menggunakannya. Anda dapat mendownload aplikasi ini untuk memudahkan Anda dalam berbelanja. Silakan download.

Cara Menggunakannya

Aplikasi Penghitung Rumus Diskon telah dibuat dengan semudah dan friendly tentunya. Berikut ini cara menggunakan aplikasi ini yaitu di antaranya:

  1. Silakan isi nama barang pada kolom nama barang.
  2. Kemudian isikan harga awal barang tersebut pada kolom harga.
  3. Masukkan besar diskon yang diberikan
  4. Maka harga barang yang harus Anda bayar akan keluar secara otomatis pada kolom harga akhir.

Pada aplikasi tersebut telah diberikan juga worksheet contoh yang berisikan contoh barang-barang. Hal itu dapat membantu Anda jika salah dalam mengetik.

Pada worksheet Diskon telah disediakan sebanyak 50 barang yang dapat Anda isikan. Hal itu untuk mengantisipasi jika barang yang akan Anda masukkan dalam perhitungan banyak. Jika masih kurang Anda tinggal mengkopi sel sebelumnya. Berikut ini cara mengkopi cell sebelumnya yaitu:

  • Klik cell E50, kemudian letakkan kursor pada pojok kiri bawah cell tersebut sampai terlihat tanda seperti tanda tambah (+).
  • Setelah itu, silakan tarik atau drag ke bawah hingga ke cell yang Anda inginkan.
Baca Juga :  Aplikasi Ranking Kelas Excel Simple dan Auto Sortir

Jika Anda bingung dengan cara yang di atas, Anda dapat mengkopi rumus harga akhir dari worksheet Contoh.

Aplikasi tersebut dibuat secara sederhana dengan tujuan untuk memudahkan Anda dalam menggunakannya.

Demikianlah penjelasan aplikasi penghitung rumus diskon otomatis yang dibuat dengan microsoft excel yang dilengkapi dengan pengertian dan cara penggunaannya. Semoga artikel ini dapat Anda manfaatkan dengan baik. Terima kasih.