Cara Menghapus Cache di iPhone dengan Mudah

Posted on

Apakah diantara kalian sudah ada yang tau Cara Menghapus Cache di iPhone? Mungkin banyak yang belum tau ya, karena mungkin kalian tidak pernah mengeceknya.

Memang hal ini biasanya wajib dilakukan untuk pengguna iphone yang memiliki ruang penyimpanan yang kecil, jadi jika kalian memilikinya, coba lihat penjelasnanya berikut ini.

Saat Anda menggunakan iPhone dari waktu ke waktu, ruang penyimpanan iPhone Anda semakin kecil karena jumlah file dan dokumen terus bertambah, belum lagi instalasi aplikasi yang besar.

Namun, tidak hanya file yang dapat terisi, tetapi data yang di-cache dapat mengisi ruang penyimpanan.

Sekarang, sebelum melanjutkan dengan panduan pembersihan cache iPhone, Anda harus terlebih dahulu memahami cache iPhone.

Apa itu Cache iPhone?

Cara Menghapus Cache di iPhone

Cache adalah proses penyimpanan sementara sistem atau aplikasi yang terpasang di memori telepon. Aplikasi yang diinstal di iPhone menyimpan cache, dan semakin sering ponsel digunakan, semakin banyak cache yang terakumulasi.

Analoginya begini. Tentu saja, Anda sedikit kesulitan menemukan jalan ke kantor, seperti saat pertama kali pergi ke kantor.

Dengan berjalan-jalan dan mencari jalan ke kantor, Anda akan sampai lebih cepat karena Anda sudah tahu di mana letaknya.

Ini juga terjadi di cache. Ini sangat efisien dan dapat mempercepat saat Anda membuka aplikasi atau melihat halaman di browser.

Bagaimana Cara Menghapus Cache di iPhone?

Menghapus cache akan menghapus semua data ponsel dan data pengguna yang sebelumnya disimpan di memori, tetapi menambah jumlah memori lagi.

Pengguna iPhone baru mungkin bingung tentang cara menghapus cache iPhone. iPhone sendiri tidak menyediakan fitur atau aplikasi khusus untuk menghapus cache iPhone.

Tidak seperti smartphone Android yang menawarkan fitur data cache yang cepat dan jelas, semua cache sistem dan aplikasi dihapus sekaligus dengan satu ketukan pada aplikasi tertentu.

Tapi bagaimana dengan iPhone? Tidak ada fitur cache clearing atau sulit? Tentu ada, tetapi di Android caranya berbeda.

Manfaat Membersihkan Data Dan Cache Di Iphone

Manfaat mengosongkan cache telepon Anda adalah lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan telepon Anda, lebih mudah untuk melakukan aktivitas di iPhone Anda, dan Anda dapat melakukan banyak tugas dengan lebih akurat.

Ini karena kapasitas memori sedikit meningkat, dan memori lebih stabil, yang membuat penggunaan iPhone Anda lebih nyaman.

Banyak pengguna iPhone yang tidak menyadari hal ini, mereka terlalu malas untuk membersihkan memori. Beberapa orang takut

Ingin tahu bagaimana melakukannya? Sekarang mari kita beralih ke tutorial di bawah ini.

Cara Menghapus Cache System Di Iphone

Seperti yang saya katakan sebelumnya, membersihkan cache sistem di iPhone sangat berbeda dari Android.

Untuk menghapus cache sistem, mulai ulang iPhone Anda. Berikut cara me-restart iPhone.

  • Tekan tombol tidur/bangun di samping iPhone.
  • Tunggu hingga menu Slide to Power Off muncul.
  • Geser penggeser untuk mematikan daya dan iPhone akan mati.
  • Untuk menyalakannya, tekan tombol sleep/wake selama beberapa detik hingga layar iPhone menyala.

Setelah reboot, sistem iPhone akan diperbarui secara otomatis, yang efektif untuk manajemen memori sistem.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di iPhone

i [hone] Anda juga dapat menghapus cache khusus aplikasi setelah membersihkan cache sistem. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi pengaturan.
  • Pilih Umum, lalu pilih Penyimpanan iPhone.
  • Daftar aplikasi yang terinstal di iPhone Anda akan ditampilkan Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus data dan cachenya.
  • Sekarang saatnya untuk menghapus. Pilih Hapus Aplikasi untuk menghapus semua data yang terkait dengan aplikasi.

Aplikasi dan semua data sekarang dihapus dan data aplikasi tidak lagi disimpan di penyimpanan iPhone.

Catatan. Jika Anda ingin mencopot pemasangan aplikasi tanpa membersihkan data dan cache, Anda dapat memilih opsi Copot pemasangan aplikasi. Ketika semua data disimpan dan aplikasi diinstal ulang, data akan dikembalikan seperti semula.

Cara Menghapus Cache Safari iPhone

Di browser Safari, membersihkan data dan cache berbeda dari metode di atas dan dapat dihapus langsung dari aplikasi Safari. Untuk menghapus riwayat, cache, dan cookie di browser Safari:

  • Buka aplikasi pengaturan.
  • Temukan dan buka Safari.
  • Kemudian klik “Hapus riwayat dan data situs web”.
  • tamat.

Lihat juga:

Ahir Kata

Penjelasan cara menghapus cache di iPhone sudah selesai. Semua langkah di atas mudah dilakukan, bukan?

Jangan lupa untuk me-restart iPhone Anda secara rutin dan teratur agar cache tidak menumpuk. Saya yakin Anda akan lebih nyaman dengan itu juga.

Ada banyak artikel tutorial iPhone kali ini, jadi semoga bermanfaat.