Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dan Penjelasan Secara Lengkap

Posted on

Halo teman-teman excelkenya.com, Pada kesempatan ini admin akan membahas Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli secara lengkap dibawah ini.

Ilmu ekonomi sendiri merupakan ilmu ekonomi yang membahas tentang prinsip-prinsip dasar ilmu ekonomi seperti distribusi, produksi, dan konsumsi. Selain itu, proses lean dan faktor manufaktur dibahas.

Secara umum, ilmu ekonomi sering dibagi menjadi dua jenis, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Makroekonomi itu sendiri mengambil pandangan rinci tentang ekonomi dan sering menggunakan konteks regional dan antar-regional.

Dalam ilmu ekonomi mikro sendiri, ilmu ekonomi dibahas secara cermat dan rinci. Ilmu ini sering membahas tentang kesehatan keuangan suatu perusahaan atau proyek. Nah, Untuk pembahasan lengkapnya, silahkan simak berikut ini ya teman-teman.

Ilmu Ekonomi Menurut KBBI

Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu ekonomi diartikan sebagai ilmu dasar tentang prinsip produksi, distribusi dan penggunaan barang (konsumsi) dan kekayaan. Keuangan, industri dan perdagangan juga dibahas.

Selain itu, ekonomi yakni telah diartikan dengan adanya sebuah bentuk penggunaan uang, tenaga, waktu dan barang berharga atau mahal lainnya dalam sistem kehidupan di rumah tangga dan lingkungan nasional.

Ekonomi dengan Berdasarkan Bahasa

Ekonomi tersebut yakni berasal dari kata nomos dan oikos, 2 kata yang berasal dari sebuah bahasa Yunani yakni Oikos tersebut artinya rumah tangga, nomos sendiri artinya organisasi atau administrasi. Jadi ekonomi secara alami berarti menjalankan rumah tangga.

Akan tetapi, masalah anggaran dalam sebuah konteks tersebut ialah keuangan, logistik, material, dan terkait tugas. Sebab itu, ekonomi pada awalnya digunakan untuk menggambarkan ekonomi mikro yang kita kenal sekarang sebagai ekonomi mikro. Seputar apakah ekonomi dapat digunakan sebagai menjelaskan fenomena daerah yang baru saja muncul dalam tahun 1960-an.

Baca Juga :  Pengertian Budidaya - Manfaat, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Adapun berbagai jenis definisi yakni menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut:

Menurut Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow, ilmu ekonomi adalah bidang keilmuan yang memecahkan masalah dalam kehidupan manusia melalui pemanfaatan sumber daya. Sumber daya di sini dapat berarti sumber daya alam atau sumber daya manusia.

Sumber daya tersebut yakni telah digunakan berdasarkan teori dan prinsip yang dipelajari dalam bisnis. Semoga dapat menciptakan sistem perekonomian yang efektif dan efisien.

Menurut Edwin Cannan

Ilmu Ekonomi menurut Edwin Cannan, ekonomi merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor umum yang menentukan kebaikan material.

Menurut Von Neumann dan Morgenstern

Von Neumann dan Mogenstern mengatakan bahwa ekonomi umumnya mainan antara dua atau lebih pemain. Pemain mencoba untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi kerugian atau biaya. Inti dari klaim Neumann dan Morgenstern adalah konsep efisiensi biaya dan konsep memaksimalkan aktivitas.

Menurut Rosyidi

Ekonomi menurut Rosyidi, ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang fokus pada individu dan masyarakat.

Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles, ekonomi merupakan termasuk dalam sebuah cabang yang membahas tentang exchange (pertukaran) barang atau jasa dengan nilai tukar dan nilai guna.

Menurut Jack Hirshleifer

Menurut Jack Hirschleifer, ekonomi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari pengambilan keputusan dalam keadaan tertentu. Ruang lingkup pembahasan antara lain meliputi pengaruh para aktor terhadap pengambilan keputusan, faktor-faktor keputusan dan dasar pengambilan keputusan tersebut.

Menurut Robbins

Ekonomi menurut Robbins ialah studi tentang perilaku manusia dan hubungan antara tujuan yang ingin dicapai dan sumber daya yang tersedia untuk itu. Ini berarti bisnis banyak bicara tentang mengoptimalkan sumber daya yang telah terbatas.

Menurut Paul Anthony Samuelson

Menurut Paul Anthony Samuelson, ekonomi merupakan sebuah metode dimana individu atau kelompok menggunakan sumber daya yang terbatas. Sumber daya ini dikelola dengan cara yang memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kalangan masyarakat.

Menurut John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill, ekonomi merupakan ilmu yang berfokus pada proses menciptakan pertukaran barang dan jasa serta meningkatkan kemakmuran dan kemakmuran suatu negara.

Baca Juga :  Penegertian Kebutuhan Primer Serta Contoh dan Penjelasannya

Menurut Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, ekonomi merupakan studi tentang bagaimana orang hidup, bergerak dan berpikir setiap hari. Oleh karena itu, menurut Marshall, konsep dan prinsip ekonomi harus ada dalam aktivitas sehari-hari.

Menurut Amwal

Menurut Amwal merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari bagaimana membuat keputusan pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien. Sumber daya tersebut dikelola untuk memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat sekitar.

Menurut Suherman Rosyidi

Ilmu Ekonomi menurut Suherman Rosyidi merupakan salah satu cabang ilmu yang berupaya memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang gejala-gejala yang terjadi di masyarakat. Gejala yang dibahas berkaitan dengan upaya manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kesejahteraan.

Menurut Hermawan Kartajaya

Pengertian ekonomi menurut Hermawan Kartajaya sangat sederhana, yaitu tempat berlangsungnya industri dan kegiatan terkait.

Menurut M. Akram Khan

Ilmu ekonomi, menurut Akram, merupakan ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia dan bagaimana mencapai nya. Di sini dia mengatakan bahwa jalan menuju kemakmuran adalah dengan mengelola sumber daya yang tersedia di bumi dengan cara yang bermakna.

Menurut Albert L. Meyers

Ekonomi menurut Albert L. Meyers, ekonomi merupakan ilmu yang membahas dan mempelajari kebutuhan dan keinginan manusia serta bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan manusia.

Menurut Adam Smith

Adam Smith terkenal karena esainya tentang ekonomi dan kesejahteraan yang membentuk kekayaan bangsa. Di sini Adam Smith mendefinisikan ekonomi sebagai pemeriksaan terhadap negara dan hal-hal yang membuat suatu negara menjadi kaya.

Menurut Lipsey

Menurut Lipsey, ekonomi adalah penelitian tentang bagaimana sumber daya yang langka dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Di sinilah Lipsey menemukan kebutuhan manusianya yang tak terbatas (tentu saja dia menginginkan lebih) dan sumber dayanya yang terbatas serta banyak kualitasnya.

Menurut Lionel Robbins

Ekonomi menurut Lionel Robbins, ekonomi merupakan sebuah ilmu yang menghasilkan perilaku manusia dengan sarana terbatas sehubungan dengan keinginan tanpa batas dengan sarana yang diperluas.

Menurut Khurshid Ahmad

Menurut Case and Fair, ekonomi adalah studi tentang bagaimana komunitas dan individu membuat keputusan ketika berhadapan dengan sumber daya. Di sini kita bisa melihat orang-orang menggunakan semua jenis sumber daya, alam, orang atau informasi.

Baca Juga :  Teori Pertumbuhan Ekonomi dan Penjelasanya Secara Lengkap

Menurut Case dan Fair

Menurut Manullang, ilmu ekonomi adalah penelitian yang membahas tentang aktivitas manusia untuk mencapai kesejahteraan. Kemakmuran di sini diartikan sebagai kondisi manusia yang dapat memenuhi segala kebutuhan yaitu dengan barang atau jasa.

Menurut Khurshid Ahmad

Menurut Khurshid Ahmad, ekonomi adalah upaya sistematis dan pemahaman atas segala masalah dan perilaku manusia yang berkaitan dengan informasi barang / jasa / nilai (nilai).

Di sini Khursid menggunakan sudut pandang Islam untuk melihat masalah tersebut. Menurut Khurshid, tujuan utama ekonomi dalam Islam bukanlah pertumbuhan ekonomi, melainkan kesejahteraan sosial.

Menurut Hennipman

Ekonomi menurut Hennipman, ekonomi merupakan adanya sebuah ilmu atau penelitian yang bertugas menganalisis orang dan reaksinya terhadap kehidupan ekonomi.

Menurut Louis Cantori

Ekonomi menurut Louis Cantori, ekonomi merupakan masalah memastikan perputaran properti di antara manusia sehingga manusia dapat memperluas fungsi kehidupannya sebagai hamba Tuhan untuk menjangkau dunia dan sekitarnya.

Menurut Gunnar Myrdal

Ilmu Ekonomi menurut Gunnar Myrdal, ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang dari ilmu-ilmu sosial, oleh karena itu ilmu ekonomi terkait erat dengan ilmu-ilmu sosial lainnya misalnya politik, geografi, psikologi, antropologi, dan lain sebagainya.

Menurut Frank Knight

Bisnis oleh Frank Knight, ekonomi ialah sebagai cabang ilmu yang memberi semua orang pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana mereka harus menjalani perekonomian mereka.

Menurut A. C Pigou

Ekonomi menurut A.C. Pigou, ekonomi merupakan penelitian untuk meningkatkan pengeluaran untuk meningkatkan standar hidup.

Menurut J.L. Mey JR

Ekonomi menurut J.L. Mey JR, ekonomi adalah sebuah ilmu bisnis, atau langkah-langkah yang diambil orang untuk mencapai dan mengalami kesejahteraan dalam hidup.

Menurut Adam Smith

Ekonomi menurut Adam Smith, ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang membahas dan mempelajari perilaku manusia dengan tujuan mengalokasikan atau mengolah semua sumber daya yang batasan penggunaan nya dibatasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Inilah yang sering disebut sebagai teori ekonomi klasik.

Lihat Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.