Pengertian Internet Marketing – Contoh, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya

Posted on

Halo teman-teman excelkenya.com, Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang Pengertian Internet Marketing – Contoh, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya secara lengkap dibawah ini.

Internet Marketing sangat berguna untuk semua jenis bisnis yang perlu menjual produk, promosi, dan layanan secara online. Alasan keuntungan Internet Marketing adalah lebih murah, lebih mahal, memiliki audiens yang besar, dan bisnis apa pun dapat beriklan.

Selain itu, Internet Marketing memiliki alat riset pasar, Internet Marketing, alat pelacak, dan berbagai platform dan opsi untuk menampilkan iklan secara online secara otomatis.

Nah, Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan simak berikut ini ya teman-teman.

Internet Marketing

Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing adalah salah satu perusahaan yang memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggannya dengan melalui sebuah media internet.

Bentuk pemasaran tersebut yakni biasanya merupakan situs publik yang sangat besar di jaringan komputer dengan berbagai jenis dan berasal dari berbagai negara di dunia dan merupakan gudang informasi yang sangat besar.

Pemasaran Internet adalah sarana pemasaran produk atau layanan di Internet. Pemasaran Internet juga merupakan aplikasi Internet dan teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan pemasaran, perangkat keras, kabel, teknologi seperti media Internet, satelit, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk tujuan pemasaran Internet.

Pemasaran Internet merupakan adanya sebuah proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan melalui aktivitas online untuk memfasilitasi pertukaran produk, ide, dan layanan yang dapat mencapai tujuan kedua belah pihak.

Baca Juga :  Pengertian Ekonomi Koperasi - Jenis-Jenis dan Prinsip-Prinsipnya

Tujuan Internet Marketing

Teknologi internet saya sangat cepat karena bisa menjangkau wilayah yang lebih luas dengan waktu yang tidak terbatas. Menurut Strauss dan Frost “2012”, pemasaran dengan teknologi Internet “Pemasaran Internet” mengejar tujuan berikut:

  • Dapat menjangkau calon pelanggan dengan biaya lebih rendah.
  • Dapat menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  • Tampilkan iklan yang lebih baik.
  • Dapat melacak dan mengukur data respon dari konsumen atas aktivitas pemasaran perusahaan.
  • Finalisasi pemasaran untuk setiap pelanggan potensial.
  • Proses pembelian yang disederhanakan dibandingkan dengan sistem offline.
  • Pemasaran satu-ke-satu.
  • Pemasaran 24 jam.

Jenis-Jenis Internet Marketing

Adapun berbagai jenis-jenis interner marketing, diantaranya ialah sebagai berikut:

Business-To-Business (B2B)

Secara umum bisnis online yang kami lakukan saat ini adalah B2B. Jenis pemasaran Internet termasuk transaksi Interorganized Information System (IOS). IOS mencakup Electronic Data Interchange (EDI), sistem informasi global, Database, Electronic Fund Transfer (EFT), Supply Chain Management (SCM), dan pesan terintegrasi.

IOS adalah aliran informasi antara dua atau lebih organisasi atau perusahaan dengan tujuan untuk memproses transaksi secara efisien, misalnya mengirim rekening, pesan, atau pembayaran menggunakan teknologi EDI.

Semua hubungan yang sudah disepakati dan dibangun sebelumnya sehingga tidak perlu dilakukan negosiasi ulang dan ini bisa dilakukan dengan cepat. Misalnya di Wal-Mart dengan Warner-Lambert.

Intrabusiness (Organizational) eCommerce

Kategori ini mencakup semua aktivitas internal organisasi yang dilakukan oleh sistem berbasis web. Ini termasuk pertukaran informasi, jasa, dan barang. Misalnya dengan pelatihan online untuk karyawan, penjualan produk kepada karyawan, yang pada akhirnya dapat dicapai dengan menekan biaya operasional perusahaan.

Consumer-To-Consumer (C2C)

Termasuk dalam sebuah proses menjual secara online antar konsumen langsung ke konsumen lain. Misalnya ada orang yang penjualan, menjual seperti properti rumah, ruko, dan hunian lainnya, handphone, mobil, dan lain-lain. Contoh lain; Iklankan layanan pribadi secara online dan jual ilmu dan keterampilan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Prinsip Ekonomi - Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkapnya

Consumer-To-Business (C2B)

Yaitu penjual produk atau jasa kepada organisasi atau perusahaan. Orang mencari penjual, berinteraksi satu sama lain, dan mengatur transaksi.

Non-Profit eCommerce

Di dunia cyber, website nonprofit lainnya seperti website akademis, organisasi keagamaan, nonprofit, organisasi sosial, dan instansi pemerintah menggunakan e-commerce untuk mengurangi biaya operasional atau meningkatkan pelayanan publik.

Business-To-Consumer (B2C)

Business-To-Consumer (B2C) yakni sebagai pembeli eceran dengan semua orang. Pembelian dilakukan secara pribadi, pembeli biasanya adalah konsumen individu.

Manfaat dari Internet Marketing

Terdapat berbagai manfaat dalam marketing ini, diantaranya ialah:

Hemat Biaya

Manfaat dari Internet Marketing menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah harganya yang mahal dan lebih murah daripada iklan televisi atau cetak. Pemasaran internet yakni mempunyai suatu jangkauan yang lebih luas dibandingkan media periklanan lainnya. Anda dapat menjangkau pelanggan Anda dengan cepat tanpa mengkhawatirkan biaya tambahan atau masalah.

Bangun Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan Anda

Internet Marketing memungkinkan perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Selama bisnis tersebut online, mereka dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan pelanggan dapat menjangkau mereka dengan mudah.

Anda dapat mengumpulkan alamat email pelanggan dan menghubungi mereka dengan mudah. Beri tahu kami informasi baru atau paket dan penawaran baru di toko. Sangat penting untuk membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan Anda.

Jangkau Pelanggan Potensial dengan Global

Menjangkau calon pelanggan di seluruh dunia adalah manfaat paling penting dan utama dari pemasaran internet. Anda dapat menyediakan produk dan layanan Anda dengan bantuan mereka. Dengan menggunakan teknik SEO, Anda bisa mendapatkan jumlah maksimal orang yang terlibat dan situs web.

Terdapat begitu banyak manfaat dari pemasaran internet, tetapi ini dapat digunakan sebagai media untuk mengamankan wilayah yang tidak tersedia, untuk mengamankan pelanggan dan meningkatkan partisipasi dari seluruh dunia.

Baca Juga :  Pengertian Penanaman Modal Asing Tujuan, Fungsi dan Faktornya

Penggunaan Media Sosial Dalam Internet Marketing

Media sosial adalah bagian besar dari pemasaran internet, bukan? Saat ini masyarakat menawarkan layanan pemasaran melalui media khusus ini. Pemasaran internet tidak hanya menciptakan kemudahan bagi bisnis tetapi juga peluang bisnis bagi masyarakat, bahkan di media sosial.

Ada perusahaan yang ingin mempromosikan diri dan punya anggaran, tapi tidak tahu caranya. Anda sekarang dapat menyediakan layanan pemasaran bisnis lokal dan kecil untuk bisnis lokal dan kecil dengan menyadari pentingnya pemasaran internet.

Anda perlu membuat audiens di media sosial. Membuat sebuah postingan dan banyak keterlibatan atau akun dengan jutaan pengikut bukanlah masalah jika Anda tahu cara menargetkan audiens.

Komunikasi Lebih Mudah

Komunikasi dengan pelanggan tidak selalu mudah. Jujur saja, cara termudah untuk berkomunikasi dengan seseorang adalah dengan melalui internet, di mana pun Anda berada, Anda bisa langsung menghubungi mereka. Inilah salah satu kelebihan internet marketing yang selalu membuat berbisnis lebih mudah dari sekarang.

Adanya sebuah perusahaan yang telah menyediakan sebuah layanan pemasaran bisnis lokal dan layanan pemasaran bisnis kecil untuk bisnis yang memiliki anggaran terbatas tetapi masih ingin menyampaikan pesan kepada pelanggan mereka di seluruh dunia.

Lihat Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Internet Marketing. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.