Cara Membuat Daftar Isi di Word dengan Mudah (Lengkap)

Posted on

Cara Membuat Daftar Isi di Word dengan Mudah (Lengkap) -Baik Anda sedang menulis laporan sekolah atau mengirimkan proyek kerja, Daftar Isi yang terorganisir selalu merupakan cara terbaik untuk membuat kesan. Bagaimanapun, kesan pertama dibuat sebaik mungkin. Berkat Word, membuatnya semudah sebelumnya.

Jadi, apakah Anda ingin membuat versi sederhana atau mencari cara untuk menyempurnakan tabel – kami siap membantu Anda. Bersiaplah untuk membuat catatan dan menonjol di proyek Anda berikutnya!

Cara Membuat daftar isi di Word

Cara Membuat daftar isi di Word

Untuk membuat daftar isi di Word , yang harus Anda lakukan adalah:

  • Tempatkan kursor di mana Anda ingin daftar isi Anda.
  • Buka tab References , dan klik Insert Table Of Content .
  • Anda akan melihat beberapa opsi. Anda dapat memilih Format yang paling Anda sukai.

Masalah yang Sering Terjadi dalam Membuat Daftar Isi

Apakah Anda mendapatkan pesan error saat mencoba menambahkan daftar isi? Jika ya, maka Anda melewatkan bagian Format. Pemformatan membagi dokumen Anda menjadi beberapa bagian (Judul, Subjudul, dll.) sehingga Word dapat mengenali elemen untuk ditambahkan ke tabel Anda.

Sebagian besar dari kita cenderung menggunakan Bold, Bullets atau Numbering, atau Italic untuk memformat teks kita. Tapi ini tidak cukup untuk membuat daftar isi. Tapi jangan khawatir, ini juga cukup sederhana.

  1. Klik pada tab Home dari tajuk atas.
  2. Di bagian gaya, Anda dapat melihat blok berbeda yang bertuliskan “normal”, “heading 1”, “heading 2”, dan seterusnya.
  3. Sorot bagian teks yang ingin Anda jadikan heading (Judul, dll.), dan klik kotak yang bertuliskan “heading 1.”
  4. Demikian pula, Anda dapat melanjutkan memformat seluruh teks dengan membaginya menjadi heading, sub-heading, dan banyak lagi.
  5. Ketika daftar isi terbentuk, judul 1 akan muncul lebih dulu, dan sub-judul akan berada di bawahnya sebagai kategori, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Baca Juga :  Cara Menghapus Cache di iPhone dengan Mudah

Setelah Anda memformat seluruh artikel, kembali ke tempat Anda ingin menambahkan daftar isi dan ulangi proses yang diuraikan di atas. Dan di sana Anda memilikinya!

Cara Update atau Menambahkan Daftar Isi

Bagaimana jika Anda memutuskan untuk menambahkan beberapa judul lagi atau menambahkan beberapa halaman lagi yang memengaruhi nomor halaman? Sayangnya, Word belum mendukung pembaruan otomatis. Tapi jangan khawatir, melakukannya hanya membutuhkan beberapa langkah lagi.

  1. Klik pada judul daftar isi Anda.
  2. Seluruh tabel akan dipilih, dan Anda akan melihat ikon file dengan tanda seru yang mengatakan “perbarui tabel.” Klik di atasnya.
  3. Sebuah pop-up akan muncul dengan dua pilihan. Jika Anda telah menambahkan/mengubah heading dan sub-heading, pilih Update the whole table dan klik OK.
  4. Jika Anda baru saja menambahkan atau mengurangi teks yang hanya mengubah jumlah halaman, maka pilih perbarui nomor halaman, dan klik OK.

Anda dapat membuat pembaruan ke tabel Anda secepat ini sebanyak yang Anda suka. Sekarang, mari kita ke bagian yang menyenangkan, yaitu

Menyesuaikan Daftar Isi

Ada beberapa cara Anda dapat menyesuaikan tabel Anda di Word. Dari built-in hingga manual hingga sepenuhnya disesuaikan, Anda dapat bermain-main dengannya untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Membuat Daftar Isi di Word (Built-In)

Tabel Otomatis 1 & 2

Segera ketika Anda membuka menu tarik-turun “insert tabel”, Anda akan mendapatkan opsi ini di atas. Jika Anda sedang terburu-buru atau hanya mencari versi sederhana – ini adalah cara Anda. Mereka akan mencantumkan semua judul dan sub-judul saat Anda memformatnya dan menyajikannya dalam bentuk tabel di samping nomor halamannya. Kedua opsi tersebut bervariasi dalam ukuran font, jenis, dan judul.

Tabel Manual

Opsi ini akan memberi Anda templat Daftar Isi, tempat Anda dapat menambahkan judul dan sub-judul secara manual. Ketika Anda mengkliknya, tabel berikut akan muncul.

  • Anda dapat mengklik Judul dan mengubah nama yang sesuai.
  • Anda hanya akan diberikan dua grup Heading 1, 2, dan 3. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak, Anda hanya perlu menyalin bagian tersebut dan menempelkannya.
  • Anda memiliki opsi untuk menghapus bagian mana pun yang Anda suka. Misalnya, jika Anda tidak ingin Heading 3 dalam satu bagian, Anda dapat memilih seluruh bagian dan menghapusnya.
  • Anda juga dapat mengubah nomor halaman di sini.
Baca Juga :  Cara Menghapus Cache di iPhone dengan Mudah

Seperti yang Anda lihat, opsi ini berfungsi lebih seperti templat, tempat Anda dapat membuat perubahan sebanyak mungkin.

Cara Membuat Daftar Isi Di Word Secara Manual

Ini adalah opsi yang sedikit lebih canggih tetapi juga lebih menyenangkan di Word. Dari sini, Anda dapat mengubah meja Anda sepenuhnya sesuai keinginan Anda.

  1. Pergi ke Referensi > Daftar Isi
  2. Klik ” Insert Table Of Contents ” dari bagian bawah drop-down.

Sebuah kotak dialog akan muncul, dari mana Anda dapat membuat beberapa perubahan pada tabel Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda tambahkan ke Anda!

Cetak dan Pratinjau Web

Seperti namanya, Pratinjau cetak adalah bagaimana daftar isi Anda akan muncul saat Anda mencetaknya di atas kertas, dan hal yang sama berlaku untuk yang lainnya.

Nomor halaman tidak akan muncul di Pratinjau web. Anda dapat memilih apakah akan menambahkan hyperlink atau tidak. Mengklik tautan tersebut akan mengarahkan pengguna ke bagian file tempat bagian tertentu itu berada.

Page Numbers

Anda dapat memilih apakah Anda ingin nomor halaman terlihat atau tidak.

Jika Anda memilih perataan yang tepat, angka akan muncul di paling kanan halaman. Jika tidak, mereka akan muncul tepat di sebelah judul.

Tab Leader

Tab Leader adalah yang menutupi ruang antara judul heading Anda dan nomor halaman. Anda dapat memilihnya kosong atau memiliki berbagai opsi gaya (bertitik, garis, dll.)

Format

Bagian ini adalah tempat Anda memilih tampilan daftar isi yang Anda inginkan. Word saat ini mendukung tujuh format, masing-masing dengan font dan ukuran teks yang unik, pemimpin tab, perataan halaman, dan banyak lagi. Mengapa Anda tidak mencoba semuanya dan melihat mana yang paling sesuai dengan dokumen Anda?!

Baca Juga :  Cara Melihat Password WiFi Tersimpan Di Windows 10

Levels

Di sinilah Anda memilih berapa banyak lapisan yang Anda inginkan untuk dibagi menjadi Daftar Isi. Anda dapat memilih hingga lima, tetapi jika Anda ingin lebih, klik Opsi.

Options

Ketika Anda mengklik kotak opsi, Anda akan diarahkan ke kotak dialog lain. Dari sini, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menambahkan lebih banyak lapisan dari opsi style. 

Pada dasarnya, di sinilah Anda “mengajarkan” cara memilih data dari dokumen Word Anda untuk disajikan di daftar isi akhir.

Rubah Style Teks

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, adalah wajib untuk menambahkan gaya ke teks Anda agar Anda dapat membuat daftar isi otomatis. Tetapi bagaimana jika Anda tidak menyukai tampilannya di dokumen Anda? Jangan khawatir, Anda juga bisa mengubahnya!

  1. Klik kanan pada gaya yang ingin Anda ubah dari galeri di header atas.
  2. Klik Modify.
  3. Sebuah kotak dialog akan muncul, dari mana Anda dapat mengubah font, warna, format, dan banyak lagi.

Lihat juga:

Ahir Kata

Nah itulah pembahasan dan juga langkah-langkahnya, Kami harap ini membantu Anda untuk menutupi semua keraguan Anda tentang cara membuat daftar isi di Word. Beri tahu kami tip apa yang paling Anda sukai. Anda juga dapat berbagi pengalaman membuat format unik di Word.

Jika Anda merasa ini bermanfaat, bagikan ini dengan teman-teman Anda. Jangan lupa untuk sering-sering mendengarkan tutorial, kiat, peretasan, berita, dan banyak lagi lainnya!