Pengertian Mitos Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis & Fungsinya

Posted on

Halo teman-teman excelkenya.com, Pada kesempatan ini admin akan membahas Pengertian Mitos Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Jenis & Fungsinya secara lengkap dibawah ini.

Mitos adalah cerita tentang asal usul, manusia dan juga bangsa, yang dijelaskan secara magis dan mengandung makna yang sangat dalam. Mitos juga bisa menceritakan tentang petualangan para dewa, kisah cinta, kisah perang, atau yang lainnya.

Atau bisa disebut cerita aneh, seringkali sulit dipahami atau bahkan dikendalikan karena cerita di sini tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Nah, Untuk pembahasan lengkapnya, silahkan simak berikut ini ya teman-teman.

Apa Pengertian dari Mitos ?

Pengertian Mitos

Pengertian Mitos atau yang disebut dengan mite (myth) merupakan cerita prosa rakyat yang didukung oleh dewa atau dewa, yang di masa lalu sering ada di dunia lain (di surga) atau dianggap telah benar-benar terjadi oleh pemilik atau pengikut cerita tersebut.

Mitos juga disebut sebagai mitologi, yang kadang-kadang diartikan sebagai mitologi yang merupakan kisah rakyat yang dianggap benar atau terkait dengan penampilan tempat, dewa, universal, adat istiadat, dan ide-ide sakral.

Maka mitos adalah cerita tentang asal-usul, kemanusiaan atau bahkan suatu bangsa yang ditafsirkan secara ajaib dan memiliki makna yang sangat dalam. Mitos juga bisa menceritakan petualangan para dewa, kisah cinta, kisah perang, atau dengan cara lain.

Baca Juga :  Pengertian Seni Abstrak - Sejarah beserta Teknik-Teknik (Lengkap)

Ciri-Ciri dari Mitos

Mitos yang pada umumnya juga memiliki ciri-ciri yang diantara lain sebagai berikut yaitu:

1. Motivasional

Menurut Barthes, bentuk mitos itu sendiri akan mengandung motivasi. Mitos sengaja dibuat dengan memilih konsep berbeda yang digunakan tergantung pada keputusan semiotik atau tingkat pertama.

2. Intensional

Mitos tidak terjadi begitu saja, mitos diciptakan dengan sengaja atau dibangun oleh budaya masyarakat untuk suatu tujuan.

3. Statement of Fact

Mitos alami dari pesan tersebut, atau bahkan mitos yang membuat kita reseptif, adalah kebenaran yang tidak perlu lagi dibahas. Atau dengan kata lain, sesuatu yang akan datang secara alami.

4. Distorsif

Mitos juga berhubungan dengan bentuk dan konsep. yang cacat dan cacat. Dan dari konsep distorsi formasi, makna sistem tingkat pertama menjadi tidak berarti untuk mengungkapkan kenyataan.

Dalam pengertian yang lebih sederhana, sifat-sifat ini menjelaskan mengapa mitos sering menyimpang dari bentuk aslinya dan dengan demikian menciptakan yang baru, tetapi tidak pernah meninggalkan formasinya.

Jenis-Jenis dari Mitos

Mitos di Indonesia yang umumnya merujuk pada terjadinya bencana alam, penampilan komposisi para dewa, dunia para dewa, peristiwa manusia pertama yang memiliki budaya.

Mitos luas, mitos atau mitos juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu mitos Indonesia atau mitos eksternal.

Mereka dari luar negeri yang juga mengalami proses adaptasi seperti mitos, yang juga berasal dari wiracarita Ramayana dan Mahabharata.

Lalu ada kebutuhan pokok atau sesuatu. Contoh mitos Indonesia adalah Indonesia ialah Dewi Sri (terjadinya padi), Joko Tarub atau Dewi Nawangwulan, Nyai Roro Kidul (dewi Laut selatan), Watu Gunung, atau yang lainnya.

Mitos yakni bisa dibagi menjadi dua kelompok mitos penciptaan dan mitos asal. Mitos penciptaan termasuk peristiwa penciptaan, seperti ratu, ciptaan baru yang turun dari surga, atau makhluk baru yang lahir dari pernikahan manusia bersama bidadari.

Baca Juga :  Pauli Test - Ketentuan, Cara Mengerjakan, Skoring dan Interpretasi

Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

Adapun berbagai jenis pengertian mitor menurut para ahli, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menurut Cremers

Mitos adalah kisah sakral simbolis yang menceritakan banyak peristiwa atau realitas atau ide tentang asal mereka serta perubahan di alam semesta dan di dunia, para dewa, kekuatan atas manusia, pahlawan dan bahkan manusia.

2. Menurut Ahimsa-Putra

Mitos adalah kisah aneh yang seringkali sulit dipahami atau bahkan dapat dikendalikan karena cerita di sini tidak memiliki makna atau mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari.

3. Menurut Bascom

Mitos atau mitos adalah cerita prosa populer yang didukung oleh dewa atau dewa yang telah terjadi di dunia lain (di surga) di masa lalu dan dikatakan telah benar-benar terjadi oleh tuan dari cerita mereka atau pengikut mereka. alam semesta, adat istiadat, para dewa, dan bahkan talenta suci.

4. Menurut William A. Haviland

Mitos adalah adanya sebuah kisah tentang peristiwa semi-sejarah yang berhubungan dengan pertanyaan terakhir kehidupan manusia.

5. Menurut Levi-Strauss

Mitos adalah perwujudan cerita tradisi lisan tertentu yang menceritakan para dewa, manusia pertama, hewan, dan lainnya berdasarkan skema mitos logis dan memungkinkan kita untuk mengumpulkan semua masalah yang harus diselesaikan dalam konstruksi sistematis.

6. Menurut Webster’s Dictionary

Mitos adalah perumpamaan atau perumpamaan, yang merupakan satu-satunya ilusi yang tidak dapat dibuktikan.

Fungsi dari Mitos

Fungsi mitos dalam konteks sosial dan budaya masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Sebagai panduan bagi komunitas yang mendukung pengembangan solidaritas sosial di antara anggotanya, mereka dapat membedakan antara satu komunitas dengan komunitas lainnya.Mampu mengembangkan simbol yang bermakna dan juga menjelaskan fenomena lingkungan yang mereka temui.
  • Untuk merangsang perkembangan kreativitas dalam berpikir.
  • Ini adalah alat pendidikan yang sangat efektif yang dapat digunakan untuk menetapkan dan memvalidasi nilai-nilai budaya, norma sosial dan kepercayaan tertentu.
  • Untuk mencerminkan dan memperkuat nilai-nilai budaya tertentu, pemikiran atau pengetahuan.
Baca Juga :  Pengertian Cerita Rakyat - Fungsi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

Lihat juga:

Demikian itulah pembahasan dari excelkenya.com yang telah di bahas secara lengkap dan detail untuk kalian yang sedang mencari informasi pengetahuan,Semoga bermanfaat ya.