Pengertian Tindakan Ekonomi – Ciri-Ciri, Contoh dan Tujuannya

Posted on

Halo teman-teman excelkenya.com, Pada kesempatan ini admin akan membahas Pengertian Tindakan Ekonomi – Ciri-Ciri, Contoh dan Tujuannya secara lengkap dibawah ini.

Dalam dunia bisnis, setiap tindakan dan keputusan bisnis dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan bisnis. Misalnya, keputusan pemilik untuk tidak melakukan restock barang minggu depan akan mengakibatkan bisnis tidak berjalan lancar karena kekurangan persediaan.

Tidak ada yang bisa memprediksi secara akurat gejolak di dunia bisnis. Karena itulah setiap keputusan strategis yang diambil oleh manajemen perusahaan dapat berdampak besar bagi masa depan.

Untuk melakukan ini, manajer perlu meninjau setiap keputusan secara teratur dan dapat mengambil tindakan ekonomi yang tepat.

Nah, Untuk pembahasan lengkapnya, silahkan simak berikut ini ya teman-teman.

Apa Pengertian Tindakan Ekonomi ?

Tindakan Ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi adalah salah satu yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental yang dapat mengarah pada kekayaan dan kepuasan. Kegiatan ekonomi juga disebut sebagai kegiatan atau perilaku yang bertumpu pada prinsip ekonomi untuk menjalani kehidupan yang efisien.

Kegiatan ekonomi adalah adanya kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan memilih dan memanfaatkan peluang secara cermat. Untuk memenuhi kebutuhannya sebagai pelaku ekonomi, tentunya membutuhkan langkah dan langkah yang harus diambil.

Misalnya, jika Anda ingin membeli barang yang Anda inginkan, tersedia dua toko. Panasnya bisnis menjual barang dengan merek dan kualitas yang sama tetapi dengan harga yang berbeda. Jika Anda ingin membeli item ini, toko mana yang akan Anda pilih?

Baca Juga :  Penegertian Kebutuhan Primer Serta Contoh dan Penjelasannya

Pokoknya kesepakatan yang lebih murah? Karena jika Anda membeli barang yang lebih murah, lebih banyak uang bisa terbuang untuk barang lain. Jika Anda melakukannya, Anda telah mengambil tindakan ekonomi.

Tujuan Melakukan Tindakan Ekonomi

Tentu saja, ketika Anda mengambil tindakan ekonomi, Anda memiliki tujuan tertentu yang harus Anda capai. Inilah tujuannya:

  • Untuk bisa memilih atau menentukan objek atau layanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Membedakan kualitas barang atau jasa yang akan dibeli atau digunakan.
  • Sehingga kita dapat memilih kebutuhan yang harus diprioritaskan dan yang tidak penting.
  • Menimbang pro dan kontra dari pilihan yang Anda buat.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Adapun berbagai jenis-jenis dalam sebuah tindakan ekonomi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Tindakan Ekonomi Irrasional

Pengukuran ekonomi irasional merupakan jenis pengukuran di mana setiap ukuran yang kami prediksi akan diambil ketika berguna tetapi sebenarnya berbahaya. Biasanya orang yang bertindak seperti ini tidak mengambil alih faktor biaya, waktu dan energi lagi.

Pelaku segera mengambil tindakan tanpa pertimbangan dan kemudian stres serta menghabiskan banyak tenaga. Lalu hasilnya? Hasilnya bisa maksimal atau bahkan berpotensi fatal.

Contoh penerapan ukuran ekonomi irasional dalam kehidupan bisnis adalah penetapan harga suatu produk yang mahal terlepas dari kualitas barang, biaya produksi serta daya beli dan kegunaan produk. Dengan demikian, produk tersebut bisa gagal di pasaran dan pada akhirnya menimbulkan kerugian bagi perusahaan atau pemilik bisnis.

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional adalah jenis kegiatan dalam semua kegiatan manusia yang didasarkan pada keputusan terbaik dan paling berguna. Dalam melakukan tindakan rasional ini, kita perlu mempertimbangkan pro dan kontra dari bisnis yang kita geluti.

Baca Juga :  Pengertian Ilmu Ekonomi, Konsep, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaatnya

Ini dilakukan agar tujuan kita terpandu dan kita bisa mendapatkan keuntungan darinya sehingga kita bisa menjalani hidup yang sukses.

Cara mengaplikasikan nya terhadap sebuah bisnis perlu menentukan jenis bahan baku produksi yang sesuai agar semua hasil produksinya bagus dan bisa dijual dengan harga yang lumayan mahal. Mengurangi adanya biaya produksi lebih lanjut, tetapi tidak mengurangi kualitas produk.

Dalam hal ini yakni dapat mengurangi item yang tidak perlu selama produksi. Selain itu, kita juga perlu memilih keterampilan dan bekerja dengan mereka. Kemudian kami menentukan sistem distribusi yang tepat dan juga menerapkan strategi periklanan yang tepat untuk menghasilkan keuntungan besar.

Ciri-Ciri Tindakan Ekonomi Rasional

Berikut ialah penjelasan mengenai ciri-ciri tindakan dengan cara rasional:

Menerapkan Motif Ekonomi

Ciri kedua adalah penggunaan motif ekonomi. Motif ekonomi mencakup kegiatan yang diambil berdasarkan minat dan antusiasme tertentu. Oleh karena itu, langkah ekonomi yang diambil harus dibarengi dengan tujuan tertentu.

Menggunakan Prinsip Ekonomi

Adanya sebuah kegiatan yang menggunakan logika lebih menerapkan prinsip ekonomi dengan meminimalkan biaya, pengorbanan, dan usaha untuk keuntungan maksimal dan maksimal.

Lihat Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Tindakan Ekonomi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.